Jangan Senang Dulu Pengunjung Blogmu Berasal Dari Luar Negeri

Mendapat banyak kunjungan tentu sangat menyenangkan dan membanggakan bagi kita sebagai pengelola blog ataupun website, baik itu dari negara sendiri lebih-lebih visitor dari negara lain. Karena visitorlah harapan kita satu-satunya untuk bisa membuat traffik blog kita semakin baik dan meningkat, namun mengapa saya membuat judul postingan kali ini "Jangan Senang Dulu Pengunjung Blogmu Berasal Dari Luar Negeri"? Jawabannya sangat simple, pengunjung blog yang berasal dari luar negeri dikhawatirkan bukan real human melainkan robot yang diprogram untuk menjelajah semua blog dan website yang ada di dunia maya ini.

Kenapa saya berkesimpulan kalau pengunjung blog yang dari luar negeri terutama Amerika adalah robot? Karena saya pernah memperhatikan pageview blog saya yang baru saya buat dan baru menulis satu artikel dalam waktu yang kurang dari lima menit sudah ada ratusan pageview, beberapa menit kemudian bertambah lagi ratusan pageview-nya, dan semua visitornya berasal dari Amerika. Dengan analisa yang awam saja itu sudah tak mungkin dalam logika blog baru dengan satu artikel baru pula mendapat kunjungan dari ratusan real human visitor.

Saya tidak tahu apa maksud dari program yang menjalankan robot itu untuk menjadi visitor blog,
bounce rate
yang jelas kunjungan dari robot tersebut akan merugikan blog kita, makanya judul posting kali ini saya titik beratkan pada kalimat "Jangan senang dulu". Ayo kita analisa bersama-sama letak kerugian kita kalau visitor blog kita adalah robot.

Robot itu tak mungkin bisa menilai blog kita apakah blog kita bermanfaat ataupun tidak, jadi tak mungkin ia menjadikan blog kita sebagai rujukan persoalan, takkan pernah sang robot itu menanam suatu link ke blog kita, padahal kalau real human yang berkunjung tentu dia tahu blog kita bermanfaat atau tidak, dan ada harapan dia memberi backlink ke blog kita.

Ini menurut saya yang paling merugikan blog kita, kunjungan dari robot itu hanya sebatas track, jadi durasinya takkan lebih dari satu detik, bisa jadi sepersekian ribu detik, ini jelas merugikan blog kita karena kunjungan yang teramat singkat pasti akan meninggalkan jejak bagi bounce rate dengan persentase yang sangat tinggi, bisa dikatakan bounce rate yang disebabkan oleh kunjungan robot akan 100%. Menurut para webmaster jika blog mempunyai bounce rate 80% saja itu sudah sangat buruk reputasinya di mata mesin pencari, apa lagi 100%

Bagi yang belum mengerti apa itu bounce rate, Bounce rate adalah persentase pengunjung suatu website atau blog dengan durasi yang singkat, bisa disebabkan artikel kita tidak menarik dan pengunjung langsung menekan tombol back ataupun visitor meninggalkan website tersebut dengan mengklik link keluar dan sebagainya, intinya semakin singkat visitor mampir di blog kita semakin besar persentase pada bounce rate.

Jadi bisa dipastikan kalau robot yang mengunjungi blog kita hanya track saja berarti bounce rate yang ditinggalkan oleh bot itu adalah 100%. Sangat merugikan Bukan?

Jadi apakah sekarang anda masih senang dengan pengunjung dari luar negeri? Kalau pengunjung blog kita yang dari luar negeri itu benar-benar manusia tentu tidak ada salahnya kita senang, yang penting jangan robot saja sebagai visitornya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Jangan Senang Dulu Pengunjung Blogmu Berasal Dari Luar Negeri"

  1. kalau seperti itu. terus gimana cara mengatasinya gan? soalnya blog saya juga visitornya paling atas dari luar negri terutama rusia dan amerika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mesin ya memang tak bisa diatasi sebab itu sudah seperti automatic bot, berdoa saja semoga pengunjung dari luar negeri itu benar-benar human. Semoga blog anda juga semakin ramai pengunjungnya.

      Delete
  2. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  3. Waduh. Ternyata ini jawaban dari sangkaan aku selama ini. kok meningkat drastis visitor dari Rusia dan Amerika. Ternyata hanya Robot :(

    ReplyDelete
  4. Jadi nambah info nih. Semoga pngunjung blog saya human.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. tetap kalem mas gan positif thinking

    ReplyDelete

Blog Archive