Perbedaan Hacker Dan Cracker Secara Detail

Istilah Hacker sudah sangat masyhur di kalangan dunia internet, karena keahliannya Hacker sangat ditakuti oleh sebagian pengelola website ataupun program-program yang berorientasi di bidang financial, dengan keahliannya hacker bisa menembus suatu program di internet dengan mudah, dan dengan leluasa masuk ke suatu program ataupun database suatu website, hacker juga akan mampu mengobrak-abrik suatu program yang sudah dijalankan oleh webmaster  ataupun administrator. Intinya seorang hacker akan mampu melakukan apapun yang orang lain tak bisa melakukannya.

Terus bagaimana dengan Cracker? Apa perbedaan Cracker dan Hacker?

hackerBanyak dari kita tidak mengerti apa itu Cracker, pada intinya Hacker dan Cracker itu sama, mereka punya keahlian yang sama, yaitu masuk ke suatu program di internet walaupun mereka tak punya otoritas untuk itu, hacker dan cracker sama-sama bisa masuk menjebol pengaman website ataupun suatu program dengan kemampuannya. Terus kalau begitu apa dong perbedaan mereka?
Perbedaan hacker dan cracker hanya satu, yaitu hacker masuk ke suatu program dan dapat melihat, menganalisa serta memperhatikan keseluruhan program yang tersimpan sampai ke database, namun hacker tak pernah merubah, mengganti atau bahkan merusak suatu program, hacker hanya melihat-lihat saja tanpa ada perubahan di dalam website ataupun suatu program tersebut, jadi tak menimbulkan kerugian bagi siapapun.

Sementara Cracker yang sebenarnya cuma sedikit orang yang mengenal istilah ini, orang-orang lebih familiar dengan istilah hacker, Cracker itu sama dengan apa yang dilakukan hacker, namun cracker akan merubah, merusak, mencuri dan akhirnya merugikan yang punya website atau program tersebut.

Itulah perbedaan Hacker dan Cracker, keahlian mereka sama, dan yang dilakukan sama, namun perbedaannya hanya satu, Hacker tak pernah merusak program, dan Cracker akan merusak program.

Bisa jadi hacker dan cracker itu satu orang, misal malam ini dia berhasil masuk ke website A, dan di website A ini dia hanya melihat-lihat saja, berarti dia Hacker. Dan misal dia besok malam berhasil menembus website B, dan ternyata dia merusak program dan database website B maka dia adalah seorang Cracker.

Mudah-mudahan di artikel yang singkat ini bisa membuat anda semua paham akan perbedaan antara Hacker dan Cracker karena ternyata masih banyak yang belum tahu tentang perbedaannya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perbedaan Hacker Dan Cracker Secara Detail"

Blog Archive